Jumat, 11 Agustus 2017

12 Trik Cara Mudah Hembat BBM Untuk Mobil Jenis Matic

12 Trik Cara Mudah Hembat BBM Untuk Mobil Jenis Matic

Baca Juga

Seperti yang sudah di beritakan kemarin - kemarin, presiden kita Jokowi telah mengumumkan bahwa BBM akan turun lagi, hal tersebut mungkin bisa melegakan masyarakat Indonesia yang kebanyakan memiliki pendapatan diatas rata - rata. Pada dasarnya kita tidak perlu menunggu atau berprotes kenapa BBM bisa naik, karena pasti ada alasan kenapa pemerintah menaikan harganya. Ada baiknya anda putar otak bagaimana agar BBM di mobil jenis matic anda bisa awet dan juga tidak cepat habis, teknik berkendara pun bisa menjadi salah satu faktor bagaimana bahan bakar di kendaraan anda bisa cepat habis.
12 Trik Cara Mudah Hembat BBM Untuk Mobil Jenis Matic
Mungkin beberapa orang sudah tahu tips yang satu ini, namun saya akan kembali mengingatkan untuk lebih detail dan untuk anda semoga bisa lebih bermanfaat, untuk mobil yang berjenis matic ada baiknya anda jangan menarik tuas gas secara mendadak, dan jika akan berencana berhenti ada baiknya tuas gas jangan di tarik secara mendadak. Selain bisa lebih menekan pemborosan bahan bakar di mesin, dengan menarik tuas gas secara bertahap ketika menjalankan mobil matic bisa membuat anda merasakan kecepatan bertahap dari mobil anda. Nah berikut di bawah ini beberapa tips dan informasi beberapa kebiasaan atau teknik berkendara yang bisa membuat BBM anda lebih awet.

1. Perhatikan Tuas Gas
Seperti yang sudah di beritahukan tadi diatas bahwa penarikan tuas gas haruslah bertahap tidak boleh mendadak, hal ini juga berlaku pada anda yang mempunyai mobil, penginjakan pedal gas haruslah teratur dan lembut.  Aturan yang bagus untuk mengoptimalkan efisiensi bahan bakar adalah dengan mengambil 5 detik untuk mengakselerasi kendaraan dari posisi diam ke kecepatan 15 mil per jam atau 25 km/jam. Untuk anda yang mempunyai mobil dengan transmisi manual, bisa anda gunakan posisi gear yang sesuai dengan kecepatan dan alihkan posisi gear antara 2.000 dan 2.500 RPM.

2. Kecepatan
Pada perjalanan jauh kecepatan kendaraan ada baiknya anda atur agar mesin cukup untuk meminum bensin, terutama untuk anda yang menjalankan di jalan raya yang mempunyai kondisi lurus dan tidak banyak belokan, pada jalan seperti itu para pengendara sering sekali memacu kendaraanya dengan kecepatan yang tinggi, dan tidak sedikit banyak yang melakukan penginjakan atau penarikan gas secara mendadak. Salah satu cara yang mudah untuk menekan konsumsi bahan bakar adalah dengan menggunakan fitur cruise control saat berkendara di jalan bebas hambatan.

3. Bermanuver
Pada saat akan menyusul atau sedang membuntuti kendaraan pastinya tarikan atau ijakan gas akan selalu di kocok, hal tersebut bisa menjadi salah satu faktor kenapa konsumsi bahan bakar anda boros, ada baiknya anda menjaga jarak pada saat akan menyusul kendaraan di depan, dengan menjaga jarak juga bisa mengatur gas lebih lembut dari pada di kocok. Selain akan menghemat bahan bakar, hal ini juga bisa membuat pengemudi maupun pengguna jalan lain tetap aman.

4. Tehnik Pengereman
Banyak orang yang selalu mendadak mengerem pada saat membuntuti sebuah kendaraan di depannya, atau juga menghindari sebuah kecelakaan di depan pada saat mengendarai sesuatu, semua hal yang tak terduga terkadang bisa terjadi di jalan raya, dan tidak sedikit orang yang kehilangan nyawa dan juga cidera pada saat di jalan raya. Hal tersebut selain berbahaya pada si pengendaranya, konsumsi bahan bakar juga bisa terasa lebih boros dari biasanya,Hal itu juga bisa membuat pemilik mobil bisa lebih berhemat untuk merawat dan memelihara rem maupun ban.

5. Kondisi Kendaraan
Gunakan kendaraan anda dengan kecepatan yang tidak terlalu tinggi. Beberapa mobil pada zaman sekarang, yang diproduksi akhir-akhir ini mulai banyak menyedot bahan bakar pada kecepatan di atas 50 mil per jam atau sekitar 80 km/jam. Dengan kata lain, ketika Anda lebih ngebut 8 km per jam dari 80 km per jam, maka mobil akan menjadi lebih boros. Jadi ada baiknya anda tidak terlalu mengebut di jalanan, terutama di tol, selain bisa membahayakan jiwa penumpang apalagi jika membawa keluarga, anda pun bisa rugi karena bensin cepat boros.

6. Perhatikan Beban Pada Kendaraan
Selain memperhatikan dalam hal mengendarai motor atau mobil, bobot dari kendaraan juga bisa berpengaruh pada bors tidaknya sebuah kendaraan. Secara logika ketika kita mengangkat sebuah beban dan berjalan beberapa meter akan terasa cape dan lelah ketimbang hanya berjalan saja. Hal tersebut sama dengan yang terjadi pada kendaraan anda, oleh karena itu jika ada barang - barang yang tidak perlu untuk dibawa lebih baik di simpan saja dirumah. Selain itu sebuah kendaraan mempunyai beban tersendiri sampai mana kendaraan tersebut kuat menahan beban, oleh karenanya jangan terlalu banyak membawa barang - barang pada saat berkendara.

7. Perhatikan Pelumas Atau Oli
Selanjutnya bagi anda yang ingin berkendara secara hemat yaitu perhatikan asupan oli atau pelumas pada kendaraan anda, usahakan sesuaikan dan tetap satu jenis oli atau pelumas untuk kendaraan anda. Selain itu juga oli atau pelumas yang bagus bisa membuat kitiran mesin lebih ringan dan juga dapat menjaga kompersi bahan bakar sempurna, dengan begitu performa dan tenaga yang dihasilkan oleh kendaraan anda pun lebih optimal sehingga lari dari kendaraan anda akan cepat namun tetap konsumsi bahan bakarnya bisa ditekan dan termasuk irit. Dan selalu atur atau jadwal setiap berapa kali anda harus mengganti oli atau pelumas pada kendaraan anda, dan usahakan rutin menggantinya. 

8. Cara Berkendara
Mungkin yang satu ini mewakili dari semua tips diatas tadi, cara berkendara anda bisa mempengaruhi bensin cepat habis atau tidak, jika anda ketika mengendarai sepeda motor atau mobil dengan kecepatan tinggi dengan intensitas gas naik dan turun maka tidak heran bensin di kendaraan anda akan cepat habis. Namun jika sebaliknya anda menggunakan mobil atau sepeda motor dengan laju yang sewajarnya dengan tarikan gas yang normal maka konsumsi bahan bakat atau bensin pun akan hemat. Dan sekedar tambahan saja bagi anda yang suka mengocok gas atau menginjak gas terlalu dalam, hal tersebut sangat berpengaruh sekali pada bensin yang cepat menipis.

9. Atur Penggunaan AC
Selain memperhatikan cara mengemudi dan jalan pada kendaraan anda, untuk anda yang sering boros bahan bakar ada baiknya perhatikan penggunaan AC di dalam kabin, karena penggunaan AC yang berlebihan serta sering bisa menjadi pemicu atau faktor kenapa bahan bakar pada mobil anda menjadi boros. Namun jika anda selalu menggunakan AC di dalam sebuah mobil usahakan untuk tidak terlalu menggunakan AC pada temperatur maksimal, cukup posisikan tombol AC pada temperatur normal atau setengah saja. Bagi anda yang belum tahu, penggunaan AC berat tentunya membutuhkan asupan tenaga yang besar juga, dengan kata lain pada saat anda memutarkan atau memposisikan tuas AC ke posisi maksimal maka mesin anda pun membutuhkan tenaga yang besar pula.

10. Tips Pada Saat Macet dan Lampu Merah
Hati -  hati juga pada saat macet kendaraan anda pun bisa saja boros akibat hal tersebut, untuk anda yang tinggal di daearah perkotaan yang dimana setiap harinya berurusan dengan kemacetan jalanan kota. Maka ada beberapa tips agar BBM di tanki bensin mobil anda bisa lebih irit. Pertama posisikan tuas transmisi pada bagian 2/S yang artinya mobil anda masuk pada gigi 1 dan 2. Pada posisi transmisi diatas fungsi dari engine break akan aktif, sehingga anda tidak perlu sering menginjak rem. Selain itu juga pada saat anda ada di lampu merah anda bisa posisikan tuas transmisi pada posisi N (Neutral), sehingga mobil anda akan berhentu melaju, dan tidak lupa untuk menginjak pedal rem.

11. Perhatikan Jarak Mobil di Depan
Selain memperhatikan cara mengemudi anda pun pada saat berjalan di jalan raya harus memperhatikan kendaraan di depan anda. Cobalah untuk mengatur jarak dengan kendaraan yang ada di depan, dengan begitu ketika kendaraan di depan anda berhenti anda mempunyai waktu untuk menginjak rem secara perlahan dan juga menginjak pedal gas secara perlahan ketika mobil di depan ada sudah mulai berjalan lagi. Hal ini berbeda ketika anda berdekatan dengan mobil di depan, ketika mobil di depan anda mendadak berhenti tentu anda pun akan secara tiba - tiab akan menginjak rem dan langsung menginjak pedal gas pada saat mobil di depan maju, hal ini selain bisa membuat boros bahan bakar namun sangat berbahaya karena jika anda tidak pas menginjak rem maka anda akan bertabrakan dengan mobil di depan.

12. Menjaga Angka RPM
Selanjutnya anda bisa memperhatikan RPM pada saat berkendara di jalan raya, cobalah untuk menjaga RPM di angka kisaran 2.500 - 3.000 RPM. Hal ini akan berimbas pada konsumsi bahan bakar menjadi irit karena kestabilan mesin pada saat beroperasi selaras dengan tenaga yang dihasilkan oleh mesin tersebut. Selain itu dengan menjaga angka RPM tenaga dan laju mobil pun akan stabil tidak terlalu cepat atau tidak terlalu lambat.

Demikian tadi beberapa tips dan informasi bagaimana untuk menghemat bahan bakar di kendaraan anda, selain bisa menghemat anda pun bisa terselamatkan pada saat berkendara di jalan raya. Memang harga BBM kini turun lagi, namun ada baiknya anda pun bisa menjaga konsumsi kendaraan anda, jika lebih irit secara tidak langsung pengeluaran anda pun bisa ditekan dan bisa digunakan dengan membeli hal - hal lain yang penting bagi anda atau juga bagi keluarga. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini.

Related Posts

12 Trik Cara Mudah Hembat BBM Untuk Mobil Jenis Matic
4/ 5
Oleh